Pages

Saturday, August 21, 2010

Memanfaatkan NetworkManager pada Ubuntu 10.04 untuk Koneksi Internet Menggunakan modem ZTE AC2726 smart

Setelah dua minggu ngoprek2 ubuntu nyari2 cara gmn caranya biar modem zte2726 smart bisa koneksi internet pake networkmanager (tanpa wvdial atau program ZTEMTEVDO), akhirnya berhasil juga... :D
Bagi teman2 pengguna ubuntu 10.04 mungkin ada yg mengalami ga' bisa update status YM pake empathy, ga' bisa update status facebook pake gwibber, itu karena program2 tersebut bergantung pada status koneksi network manager pada ubuntu.

Cukup basa-basinya, langsung saja saya ulas sedikit bagaimana caranya. pertama2, saya asumsikan modem zte AC2726 yang temen2 punya sudah berhasil terdeteksi sebagai modem dan sudah berhasil koneksi internet menggunakan gnome-ppp, wvdial, ataupun program ztemtEVDO. Jika belum, mungkin teman2 bisa merujuk ke blog atau artikel lain yang mengulas bagaimana caranya melakukan setting awal modem tersebut agar bisa terdeteksi sebagai modem di ubuntu. Untuk referensi, silahkan lihat di sini.
  1. Jika sudah, saya asumsikan koneksi internet smart pada ubuntu teman2 sudah berjalan baik dengan wvdial atau program2 lainnya namun kondisi network manager masih dalam keadaan offline (karena gagal melakukan koneksi).
  2. Agar network manager pada ubuntu dapat me-manage modem zte ac2726 dengan benar, kita perlu melakukan update paket usb-modeswitch terbaru (yang saya gunakan versi 1.1.3-1). Untuk update paket usb-modeswitch, saya menggunakan repository dari ppa:odyx/usb-modeswitch. Untuk menambahkan repository tersebut, gunakan perintah:
    sudo add-apt-repository ppa:odyx/usb-modeswitch
    Setalah muncul pesan OK, lanjutkan dengan melakukan update daftar list dengan:
    sudo apt-get update
    Setelah selesai, lakukan upgrade usb-modeswitch dan usb-modeswitch-data dengan perintah:
    sudo apt-get install usb-modeswitch usb-modeswitch-data
    Setelah berhasil dengan sukses, cabut modem zte ac2726 dari komputer/laptop anda, dan pasang kembali. Lihat pada tray network manager, jika modem sudah terdeteksi pada ubuntu, maka seharusnya, kalau kita klik tray pada network manager, maka akan muncul pilihan semacam ini:
    Pilih “New Mobile Broadband (CDMA) connection...”.
    Catatan: Butuh waktu sekitar 2-3 menit agar ubuntu dapat me-manage modem ac2726. Saya sendiri menunggu sekitar 3 menit hingga pilihan koneksi mobile broadband tersedia. Untuk mengeceknya, dapat melihat log sistem dengan mengetikkan perintah:
    tail -f /var/log/syslog
    Jika sudah muncul output seperti di bawah ini, maka itu pertanda modem kita siap untuk digunakan.
  3. Akan muncul dialog setup koneksi baru seperti gambar berikut ini.
    Lalu klik “Forward”.
  4. Pada dialog berikutnya, Pilih negara “Indonesia”, dan pada dialog provider, pilih “I can't find my provider and I wish to enter it manually”. Kemudian isikan “smart” pada isian di bawahnya. Klik “Forward”. Maka akan tampil review settingan yang sudah kita atur sebelumnya. Klik “Apply”.

  5. Kemudian network manager akan otomatis mencoba koneksi menggunakan koneksi yang baru saja kita bikin. Langsung disconnect-kan saja, karena koneksi sudah pasti gagal sebab kita belum memasukkan username dan password untuk koneksi. Untuk men-set username dan password, klik kanan pada icon tray network manager, kemudian pilih “Edit connections...”. Pada dialog Network Connections yang muncul, buka tab Mobile Broadband, lalu pilih koneksi smart yang sudah kita buat sebelumnya, kemudian klik "Edit". Isikan username/password dengan smart/smart. Kemudian klik "Apply".

  6. Jika koneksi gagal, cabut dan masukkan kembali modem anda, kemudian setelah pilihan Mobile Broadband Connections tersedia, coba koneksikan kembali. Seharusnya koneksi internet anda akan aktif tanpa perlu lagi menggunakan wvdial, gnome-ppp, atau software2 pendukung lainnya. Empathy dan Gwibber juga sudah berfungsi dengan benar. ^^
Semoga cukup jelas ya.... Selamat mencoba.

Masalah selanjutnya adalah bagaimana cara sharing koneksi internet ini ke kompi/laptop/pda yg laen... mari kita ngoprek lagi... ^^

No comments:

Post a Comment